BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Penelitian
Perkembangan di ranah
media massa terus meluas, dengan diiringi persaingan yang kian ketat pula. Persaingan
media massa ini, selain media cetak dengan media cetak, media elektronik pun (radio dan televisi) serta media online, juga melakukan persaingan. Namun,
persaingan pada media online nasional
terutama Detik.com cukup ketat dengan media-media online lainnya, seperti Okezone.com, Inilah.com, Vivanews.com,
Kompas.com, Tempointeraktif.com, dan masih banyak yang lainnya.
Dari banyaknya media online tersebut, Detik.com tetap
memiliki pembaca terbanyak. Dari data Alexa yang merupakan situs resmi yang
menentukan trafik sebuah website,
memposisikan Detik.com diperingkat ke tujuh di Indonesia setelah Google.com, Facebook.com,
Blogspot.com, Youtube.com, Google.co.id, dan Yahoo.com. sedangkan untuk portal
media online nasional, Detik.com
menduduki posisi pertama. (http://www.alexa.com/topsites/countries/ID
diakses
4 Mei 2013). (PROPOSAL LENGKAP >>KLIK<< )
Dari data tersebut, jelas
tentunya Detik.com memiliki pembaca terbanyak di Indonesia. Posisi ini sejak
lama telah diraih oleh Detik.com, meski media online lain terus tumbuh, Detik.com belum ada yang dapat
mengalahkan, Kompas.com misalnya, berada dirangking ke 12, lalu Vivanews.com
dan media online lainnya berada jauh
di bawah Detik.com.
Detik.com berdiri
berdiri sejak tanggal 9 Juli 1998, di bawah naungan PT Agranet Multicitra
Siberkom (Agrakom) di Jakarta yang dirintis oleh Budino Darsono sekaligus
sebagai pemimpin umum kerajaan Detik.com. PT Agranet Multicitra Siberkom
(Agrakom) sebelumnya bergerak di bidang penyedia jasa konsultasi, pengembangan,
dan pengelolaan website. Setelah
merambah di dunia media online dan
mendapat suntikan dana dari beberapa investor, maka perusahaan ini terus
berkembang dan bahkan saat ini menjadi media online terbesar di Indonesia.
Kini, Detik.com pun
terus berkembang, setelah bergabung dengan kerajaan bisnis Trans Corp, tak
hanya web semata, tetapi merambah ke media harian (Harian Detik), mingguan
(Detik Mingguan) dan bulanan (Majalah Detik) yang terbit secara online. Koran dan Majalah tersebut
layaknya media cetak lainnya, dengan format, layout dan gaya yang menyerupai.
Hanya saja, tidak terbit secara tercetak, melainkan PDF online yang dapat diunduh serta dibaca oleh siapapun secara gratis
melalui website Detik.com.
Dengan perkembangan
tersebut, menunjukkan bahwa bisnis di bidang media online cukup menggiurkan bagi pengusaha-pengusaha pers, bahkan
semakin hari pengunjung dan pengguna internet di Indonesia semakin meluas dan semakin
banyak. Dukungan akan infrastruktur jaringan internet memang sangat
berpengaruh, sebagai penunjang terhubungnya dengan media maya ini. Bahakan, saat
ini gadget semakin mendukung untuk
akses ke dunia virtual ini, dengan murahnya akses, hingga produk pun yang
semakin terjangkau.
Namun, untuk bisa
meraih pasar, semakin besar pula persaingannya, baik dari segi produk hingga
pangsa pasar. Tentu saja produk tidak menjadi satu-satunya jalan untuk meraih
pembaca, membutuhkan strategi-strategi komunikasi pemasaran yang tepat dan
handal sehingga dapat memenangkan persaingan ini.
Salah satunya cara untuk
memenangkannya yakni dengan menyuguhkan informasi yang berkualitas, pemasaran
produk yang bisa menembus berbagai kalanga, lalu harga, hingga tempat. Kesemua hal
tersebut harus didukung dengan manajemen yang bagus. Sebab, persaingan antara
media dengan munculnya media-media baru ini akan mambuat pasar semakin sempit,
jika tidak memiliki suatu yang diandalkan, maka akan lenyap begitu saja dalam persaingan
media di Indonesia saat ini.
Perusahaan pers atau media terus berusaha
menciptakan inovasi baru, guna memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Isi
media yang bagus saja tentunya tidak cukup, sebab dalam bisnis, pemasaran
menjadi kunci utamanya. Bahkan, budget untuk promosi bisa lebih besar dari pada
budget produksi, merupakan sesuatu yang wajar.
Memperhatikan kepuasan
kepada konsumen dan masyarakat merupakan tujuan utama suatu perusahaan. Dengan menganut
konsep pemasaran yang mengajarkan bahwa rumusan strategi pamasaran sebagai
suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini harus
berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Konsumen perusahaan
bukanlah merupakan tindakan khusus, tetapi lebih merupakan pernyatakan yang
menunjukkan usaha-usaha pokok diarahkan untuk mencapai tujuan. Strategi
pemasaran itu sendiri terdiri dari unsur-unsur pemasaran terpadu dan sukup
terkenal dengan istilah 4 P, product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (komunikasi pemasaran) yang
selalu berubah-ubah sejalan dengan aktivitas perusahaan dan perubahan
lingkungan pemasarannya serta perubahan prilaku konsumennya.
Dengan adanya
perusahaan dalam masyarakat dan pola beli yang berubah-ubah, mengakibatkan
banyaknya perusahaan hidup dalam situasi yang tidak menentu, sehingga para
pengusaha dituntut untuk mendalami pengetahuan tentang strategi bersaing. Hal
ini merupakan salah satu aspek yang dapat memperlancar tujuan perusahaan yang
ingin dicapai. Beberapa perusahaan pers di Indonesia yang telah melayani segmentasi
pembaca, kini mengalami panetrasi pasar dan produk bersaing dalam era
globalisasi informasi ini.
Strategi bersaing
meliputi penentuan posisi dalam usaha untuk memaksimalkan nilai kemampuan yang
membedakannya dengan para pesaing. Karena, aspek yang terpenting dalam
perumusan strategi bersaing adalah analisis pesaing, yang mana sasarannya
adalah pengembangan profit, sifat dan sukses dari akibat kemungkinan perubahan
strategi yang dapat dilakukan oleh tiap-tiap pesaing.
Dengan persaingan untuk
merebut pasar bagi media-media yang ada di Indonesia ini tentu timbul
keingintahuan mengenai strategi yang digunakan oleh masing-masing media. Sebab,
masyarakat Indonesia bukan pula masyarakat yang mudah untuk dipengaruhi, hal
ini dapat dilihat dari latar belakang pendidikannya. Banyak penelitian
mengemukakan bahwa masyarakat yang memiliki pendidikan tinggi cukup sulit untuk
terpengaruh.
Di Indonesia cukup
banyak media online, namun yang cukup
dikenal dan besar adalah Detik.com, dan media ini yang dianggap mempunyai
persaingan dalam pemasaran. Mereka dituntut bagaimana dapat mempertahankan
perkembangan pemasarannya dan dapat meraih pasar. (PROPOSAL LENGKAP >>KLIK<< )
terimakasih banyak, sangat membantu sekali...
ReplyDeleteشركة تعقيم منازل بالرياض
ReplyDeleteتقرير كشف تسربات المياه بالرياض
شركه كشف تسريب المياه بالدمام
شركة عزل خزانات شمال الرياض
شركة عزل حراري بالرياض
تسليك المجارى
شركه تسليك المجاري
شركة عزل خزانات بالدمام
شركة عزل خزانات المياه بالرياض
شركة شفط بيارات شمال الرياض
خدمات شركة المثالية كلين في المنطقة الشرقية في غسيل المكيفات وتنظيفها داخلينا وخارجيا
ReplyDeleteشركة غسيل مكيفات بالاحساءشركة غسيل مكيفات بالقطيفشركة غسيل مكيفات بالجبيلشركة غسيل مكيفات بالخبرشركة غسيل مكيفات بالدماماتصل بنا الان واحصل علي ارخص اسعار
عامل قص اشجار بجدة
ReplyDeleteتكريب النخيل بجدة
جلسات حدائق في جده
I love the podcasts available on this site.
ReplyDelete