ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui alasan Konsultan “Dinamika Komunika” memfokuskan
bidang kerjanya dalam lingkup media kehumasan. Kemudian, untuk mengetahui
independensi Konsultan “Dinamika Komunika” dalam proses pengelolaan dan
pembuatan media internal perusahaan. Serta, untuk mengetahui independensi
Konsultan “Dinamika Komunika” dalam pendampingan Humas perusahaan.
Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer di
dapat melalui wawancara mendalam serta observasi. Sedangkan data sekunder
diperoleh melalui surat kabar online, artikel online, dan hasil
penelitian para akademisi. >>TESIS LENGKAP KLIK DISINI<<
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fokus Konsultan “Dinamika Komunika” pada
Media Kehumasan dikarenakan pangsa pasar yang masih terbuka luas, dengan
banyaknya permintaan serta pesaing yang masih cukup sedikit. Oleh sebab itu
“Dinamika Komunika” konsen dalam satu bidang pekerjaan yakni pengelolaan media
internal. (2)
Dalam proses pengelolaan media internal perusahaan, “Dinamika Komunika”
berpegang pada Kode Etik Jurnalistik sebagai landasan dalam peliputan,
penulisan, dan pencarian informasi. Kemudian dalam prosesnya pengelolaan dan
pendampingan Humas Perusahaan, diawali dari negosiasi atau lelang, penentuan
jenis media, penggarapan isi, proofing
dummy, cetak hingga distribusi. (3) Konsultan “Dinamika Komunika” dalam
pendampingan Humas Perusahaan tetap berlaku independen sebagai institusi di luar
perusahaan klien, meski disatu sisi tetap berpihak pada klien. Sehingga pada
posisi tersebut “Dinamika Komunika” sebagai perusahaan yang berdiri pada dua
sisi, tetap berpegang pada Kode Etik Jurnalistik dalam pengelolaan media
internal, juga mewujudkan tujuan Humas untuk meningkatkan citra perusahaan
klien dengan berpegang pada Kode Etik Profesi Humas, serta memiliki etika
profesi sebagai bentuk dari profesionalisme dalam bekerja.
No comments:
Post a Comment