Monday, April 15, 2013

Aspek Ontologi dalam Komunikasi Prespektif Islam


ilustrasi dari aryasupang.wordpress.com
Ontologi merupakan ilmu yang mengkaji tentang ‘apa’ sebagaimana yang dijelaskan di atas, dan komunikasi merupakan proses penyampaian pesan yang juga telah dipaparkan dibagian sebelumnya. Serta Islam dalam prespektifnya juga telah di uraikan di bagian atas.  Sehingga penulis tak perlu memaparkan lebih jauh mengenai defenisi-definisi secara panjang lebar.
                               MAKALAH LENGKAP DOWNLOAD "DISINI" 

Ilmu komunikasi adalah usaha penyampaian pesan antar manusia. Hal ini disesuaikan oleh dua hal dimana 1) sesuai dengan obyek materianya yang berada dalam rumpun ilmu social, maka ilmu komunikasi harus terjadi antar manusia 2) Ilmu komunikasi menggunakan paradigm dimana pesan disampaikan dengan sengaja, dilatarbelakangi oleh motif komunikasi dan usaha untuk mewujudkannya[1]MAKALAH LENGKAP DOWNLOAD "DISINI" 

Obyek material ilmu komunikasi adalah manusia dan tindakannya dalam konteks sosial[2], sementara obyek formanya adalah komunikasi itu sendiri sebagai usaha penyampaian pesan antar manusia[3].
Dalam kaitannya, aspek ontologi komunikasi prespektif islam yakni merupakan bagaimana mencari hakikat kajian komunikasi dalam ranah islam secara lebih jelas. Komunikasi dalam Prespektif Islam sendiri merupakan suatu hal yang fitrah dalam diri seseorang, dimana setiap manusia diberikan keistimewaaan dapat berkomunikasi, baik verbal maupun non verbal. Sedangkan isi dari komunikasi tersebut, kembali kepada masing-masing individu. Namun dalam lingkup komunikasi presfektif islam, dimana pesan yang disampaikan mengandung-nilai-nilai keislaman yang berlandaskan Al-quran dan Al-hadis.
 “Mereka itu adalah orang-orang yang Allah mengetahui apa yang di dalam hati mereka. Karena itu berpalinglah kamu dari mereka, dan berilah mereka pelajaran, dan katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka.” (Qs. an-Nisā’/4: 5, 9 dan 63).
MAKALAH LENGKAP DOWNLOAD "DISINI" 

[1] Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Halaman 20.
[2] Tebba, Sudirman. Filsafat dan Etika Komunikasi, Pustaka IrVan, Banten 2008. Hal 57.
[3] Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta 2008. Halaman 20.

No comments:

Post a Comment