Thursday, April 18, 2013

Fungsi Running News Dalam Kecepatan Update Berita Islami Di Media Online Detik Bandung

Oleh: Mulyadi Saputra
sumber: detikbandung.com


Detik.com, bisa dikatakan media Online  terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tanggal 9 Juli 1998, sedangkan untuk Detik Bandung tayang pertama kali pada tanggal 30 Januari 2008. Detik Bandung mempunyai web tersendiri dan struktur redaksi tersendiri, namun untuk peristiwa yang bersifat nasional tetap mengirim berita ke Detik.com pusat.
Detik.com ialah sebuah portal website yang berisi berita aktual di Indonesia. Detik.com merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, Detik.com hanya mempunyai edisi Online  dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. Meskipun begitu, Detik.com merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news)[1].

Detik.com atau biro Bandung yaitu Detik Bandung, seluruh laporan yang disajikan mempunyai gaya peliputan, gaya pelaporan, dan gaya penulisan tersendiri sehingga mempunyai kekhasan bagi pembacanya.
Kemudian cara laporan untuk up-date berita juga terbilang beda, kerena di media lain biasanya wartawan yang meliput di lapangan akan mengetik sendiri dan mengirimnya dengan bantuan surat elektronik (e-mail), sedangkan di Detik.com laporan wartawan menggunakan telepon genggam diterima oleh penulis berita atau Koordinator liputan di kantor, masuk ke proses edit, dan kemudian terbit, proses ini tidak memakan waktu lama sehingga berita dapat dibaca dengan aktual.
Hal ini yang menentukan proses kerja tim redaksi, priode penerbitan, kecepatan penyajian berita, dan kedalaman informasi yang di publikasikan. Pada media Online , kecepatan dan keaktualan berita menjadi nilai jual tersendiri sehingga perkembangan media Online  begitu pesat.
Sebagai media umum, Detik Bandung juga memuat berbagai jenis konten berita, termasuk berita-berita islami. Konten berita islami disini yaitu berita-berita yang di dalamnya terdapat muatan-muatan agama Islam melalui berbagai peristiwa dan kejadian.

No comments:

Post a Comment