Wednesday, February 27, 2013

Media Massa Dalam Perubahan Sosial dan Masa Depan Bangsa



ilustrasi by: www.edosegara.com
Komunikasi terjadi dimana saja, seperti di rumah, di kampus, di pasar, di mall, di perpustakaan dan sebagainya. Sebagian besar kehidupan kita dihabiskan untuk berkomunikasi dan bahkan komunikasi ini dilakukan untuk menentukan kualitas dalam kehidupan kita, khususnya dalam bermasyarakat. Dengan komunikasi, kita akan membentuk saling pengertian, menumbuhkan persahabatan, memelihara kasih sayang, menyebarkan pengetahuan dan pengalaman, dan bahkan membangun serta melestarikan sebuah peradaban.

Namun dengan komunikasi ini juga, kita mampu menciptakan kondisi yang kontradiktif dengan kondisi di atas. Begitu pentingnya komunikasi bagi kita, sehingga begitu akrab dengan kita, sampai-sampai kita merasa >>>Download Makalah Persentasi 'Klik Disini'<<<
perlu mempelajarinya lebih jauh dan lebih dalam lagi. Tentu saja lintasan pemikiran seperti itu merupakan kekeliruan yang fatal, sebab sesungguhnya dalam komunikasi yang dilakukan oleh seorang atau masyarakat, akan mempunyai efek sangat besar bagi perubahan sosial dan masa depan individu atau masyarakat tersebut.

Perubahan sosial merupakan suatu hal yang wajar terjadi, bahkan menjadi hal yang dibutuhkan dalam sebuah kehidupan. Menjadi berubah bisa memiliki dua makna, yaitu perubahan menuju ke arah yang lebih baik maupun perubahan menuju ke arah yang kurang baik. Masyarakat yang mengalami perubahan menuju ke arah yang lebih baik akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu keuntungan sebagai masyarakat yang dinamis, dan keuntungan menjadi masyarakat yang bisa memperbaiki kondisi sosialnya dibandingkan dengan kondisi sosial terdahulunya.

Perubahan sosial bisa didefiniskan sebagai perubahan dalam karakteristik masyarakat tertentu, terutama dalam aspek norma, nilai, produk budaya, dan simbol yang ada dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial ini bisa saja terjadi secara gradual maupun secara tiba-tiba (Pinquart, Martin & Silbereisen, Rainer K. 2004). Sementara itu penerimaan manusia satu dengan yang lainnya terkait dengan perubahan sosial ini tidak akan sama, walaupun mereka merupakan bagian dari masyarakat yang sama. Hal ini terjadi karena perubahan sosial dipengaruhi oleh beragam aspek dan faktor, termasuk faktor internal dari setiap manusia yang menajdi bagian dari suatu masyarakat.

Dalam hal ini, era globalisasi memiliki pengaruh yang kuat disegala dimensi kehidupan masyarakat. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan sosial baik secara positif maupun negatif. Perkembangan teknologi membuat masyarakat terapit diantara dua pilihan. Disatu pihak masyarakat menerima kehadiran teknologi, di pihak lain kehadiran teknologi modern justru menimbulkan masalah-masalah yang bersifat struktural yang kemudian merambah di semua aspek kehidupan masyarakat. Terkait dengan perkembangan teknologi yang berdampak kearah modernisasi, IPTEK merupakan yang paling pesat perkembangannya. Salah satu diantaranya yang cukup membuat masyarakat terkagum-kagum ialah perkembangan teknologi informasi.

Menurut Praktikto (1979: 36) dewasa ini kemajuan teknologi informasi yang menuju kearah globalisasi komunikasi dirasakan cenderung berpengaruh langsung terhadap tingkat peradaban masyarakat dan bangsa. Kita semua menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi akhir-akhir ini bergerak sangat pesat dan telah menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap tata kehidupan masyarakat di berbagai negara. Kemajuan bidang informasi membawa kita memasuki abad revolusi komunikasi. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai “Ledakan Komunikasi” (Subrata, 1992).

Apabila globalisasi diartikan sebagai perkembangan kebudayaan manusia, maka globalisasi informasi dan komunikasi yang mucul karena perkembangan teknologi komunikasi, diartikan sebagai teknologi elektronika yang mampu mendukung percepatan dan meningkatkan kualitas informasi ini tidak mungkin lagi di dibatasi oleh ruang dan waktu (Wahyudi, 1990).

Media massa merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkan informasi menyebar dengan mudah di masyarakat. Informasi dalam bentuk apapun dapat disebarluaskan dengan mudah dan cepat sehingga mempengaruhi cara pandang, gaya hidup, serta budaya suatu bangsa. Arus informasi yang cepat menyebabkan kita tidak mampu untuk menyaring pesan yang datang. Akibatnya tanpa sadar informasi tersebut sedikit demi sedikit telah mempengaruhi pola tingkah laku dan budaya dalam masyarakat. Kebudayaan yang sudah lama ada dan menjadi tolak ukur masyarakat dalam berperilaku kini hampir hilang dan lepas dari perhatian masyarakat. Akibatnya, semakin lama perubahan-perubahan sosial di masyarakat mulai terangkat ke permukaan.

Sudah menjadi suatu hal yang umum jika media massa menjadi sebuah media yang memberikan pengaruh terhadap perubahan sosial yang terjadi, termasuk perubahan sosial masyarakat kota. Dalam perubahan sosial termuat perubahan nilai serta ideologi, perubahan kebiasaan, dan perubahan budaya. Dengan kemampuannya mengkultivasi masyarakat, media juga menjalankan fungsinya dalam menciptakan perubahan sosial terutama di perkotaan. Jadi berdasarkan penjelasan di atas, media massa mempunyai kekuatan yang besar dalam proses perubahan sosial masyarakat. Maka, makalah ini akan berusaha menjelaskan bagaimana media massa menjalankan perannya dalam rangka perubahan sosial dan masa depan bangsa. 

No comments:

Post a Comment